Jumat, 09 Mei 2014

LAPORAN BACA BUKU TEOLOGI PERJANJIAN BARU (LEON MORRIS: GANDUM MAS, hlm. 82-84) KEMATIAN DAN MURKA ALLAH


LAPORAN BACA BUKU
TEOLOGI PERJANJIAN BARU
(LEON MORRIS: GANDUM MAS, hlm. 82-84)
KEMATIAN DAN MURKA ALLAH

MATA KULIAH TEOLOGI PERJANJIAN BARU 1
DOSEN: Pdm. ROIKE ROUDJER KOWAL, M.A., M.Th


OLEH
EMARIUS LAIA
111357
TEOLOGI KEPENDETAAN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI YESTOYA MALANG
2013-2014




KEMATIAN
Secara umum, menurut perspektif penulis mengatakan bahwa kematian tidak dapat dielakkan sebab telah ditentukan bahwa tubuh manusia ada waktunya. Sedangkan Paulus berkata semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam. Penyebab terjadinya kematian disebabkan oleh karena Adam telah berbuat dosa. Maka dosa dan kematian memiliki kesejajaran akibatnya.
MURKA ALLAH
Dalam berbagai macam tindakan kejahatan yang dilakukan oleh manusia, pasti akan ditimpa bencana murka Allah. Dengan murka yang terjadi itulah sebabnya Allah tidak membiarkan orang berdosa semakin berdosa. Murka Allah tidak hanya bersifat individu tetapi juga kepada keseluruhan orang-orang, terlebih-lebih lagi kepada orang yang durhaka. Jadi, dosa bukanlah masalah yang sederhana akan tetapi membawa kehancuran besar itulah sebabnya Tuhan tidak mau membiarkan ciptaan-Nya jatuh dalam murka-Nya.
KELEMAHAN BUKU
Buku ini memiliki sudut pandang terhadap kematian dan murka Allah. Kelemahan dalam buku ini adalah dari hasil pembacaan saya, yaitu tidak menjelaskan dengan detailnya kematian seperti apa, apakah kematian tubuh sama dengan kematian rohani, dan murka Allah yang bagaimana semestinya, sifat Allah terhadap dosa, dan benarkah dosa dan kematian itu musuh? Dan penulis masih bergantung kepada tokoh Alkitab dalam pendapat sendiri sedikit.
KEKUATAN BUKU
Menurut hasil pembacaan saya terhadap buku ini, khususnya tentang kematian dan murka Allah. Saya merasa diberkati dan memberikan dampak positip bagi pembaca, terlebih menguatkan iman sekaligus menyapa orang Kristen mengenali apa maksud Allah dalam murka-Nya dan kematian manusia.
KESIMPULAN/TANGGAPAN
Pengamatan saya setelah membaca buku Teologi PB tentang judul kematian dan murka Allah sangat bermanfaat bagi kelompok Kristen, kaum awam, pelajar, dll. Ternyata kematian bukanlah soal biasa yang menurut pandangan manusia, namun kematian tersebut membuat suatu keraguan manusia bila tidak mengenal Allah, sedangkan dalam dosa yang selama ini manusia lakukan akan diperhadapkan pada titik penghakiman akhir. Oleh sebab itu, Allah tidak menghendaki manusia mengalami kematian disebabkan karena dosa saja, tapi Allah mau manusia mengenal-Nya dan mati karena anugerah-Nya. Itu sebabnya kenapa Allah murka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar